Kamis, 08 Januari 2009

Tubuh Ideal dan Badan yang Bugar

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal biasanya identik dengan berat badan yang pas (tidak gemuk dan tidak kurus) serta ditunjang oleh tinggi badan yang ideal pula. Percaya atau tidak, orang dengan tubuh yang ideal akan lebih percaya diri tampil di depan umum. Sebaliknya, orang dengan tubuh yang gemuk ataupun tubuh yang kurus, biasanya cenderung merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan umum karena kekurangannya tersebut.

Penampilan bentuk tubuh yang ideal akan menjadi lebih maksimal bila didukung oleh kondisi badan yang bugar. Dengan kondisi badan yang bugar, seseorang tentu akan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sehingga, tersedia banyak peluang baginya untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Ada dua langkah untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan kebugaran badan. Langkah pertama, lakukanlah olah raga setiap hari secara teratur. Lakukanlah olah raga minimal selama satu jam setiap harinya atau sampai tubuh mengeluarkan banyak keringat. Jenis olah raga yang bisa dilakukan sangat beragam, tergantung minat atau hobi dan uang yang dimiliki. Bila jenis olah raga tertentu sudah menjadi hobi, orang biasanya akan senang melakukannya walau harus mengeluarkan banyak uang. Olah raga yang dimaksud, antara lain renang, tenis, futsal, fitness, aerobic, dan lain sebagainya. Namun bila olah raga tersebut dianggap mahal, maka orang bisa melakukan jenis olah raga lain yang tidak membutuhkan banyak biaya. Olah raga yang dimaksud, yaitu jogging, bersepeda, senam, lompat tali, dan lain sebagainya.

Langkah kedua, yaitu lakukanlah diet yang sehat dan alami. Diet ini biasanya dilakukan dengan menyeleksi asupan gizi yang diperlukan tubuh dan menjaga pola makan setiap hari. Mulailah menggantikan nasi putih sebagai sumber utama kebutuhan karbohidrat anda dengan jenis bahan makanan yang lain, seperti nasi merah, ubi, kentang, jagung, dan lain sebagainya. Atau bisa juga dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai sumber vitamin. Sedangkan untuk kebutuhan protein, anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi tempe, tahu, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses diet sehat adalah menjaga pola makan. Meskipun terdengar sederhana, ternyata tidak banyak orang yang dapat melakukan hal yang satu ini. Pola makan yang terjaga sama artinya dengan makan tepat pada waktunya. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat menu makanan yang akan disantap pada saat makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Untuk makan pagi, menu makan terdiri dari 3 buah kentang rebus, 2 buah wortel + brokoli rebus, 1 potong dada ayam, 1 buah pisang raja, dan 1 gelas susu segar. Untuk makan siang, menu makan terdiri dari 1 porsi gado-gado + dua butir telur ayam rebus (diambil putihnya saja), tempe dan tahu masing-masing 2 buah, dan 1 buah nanas. Sedangkan untuk makan malam, menu makan terdiri dari satu porsi nasi merah, ± 300gr daging sapi tanpa lemak, 1 buah melon, dan 1 gelas susu segar.

Sebisa mungkin hindarilah memasak bahan makanan dengan cara menggoreng. Sebab, lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak goreng biasanya akan ikut terbawa dalam makanan yang digoreng tersebut. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi proses diet yang sedang anda jalani. Oleh sebab itu, alternatif lain untuk memasak bahan makanan adalah dengan direbus, dibakar, atau dipanggang.

Pendek kata, pilihlah olah raga secara teratur dan diet sehat sebagai jalan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, badan yang bugar, dan hidup yang sehat. Sebab, pada dasarnya semua itu merupakan modal awal bagi anda untuk meraih kesuksesan dalam hidup. (Tholib)

Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis selama kurang lebih satu tahun menggeluti dunia fitness.

Tidak ada komentar: